Wakapolri Melaksanakan Giat Zoom Meeting Terkait Penanganan Covid-19

Wakapolri Melaksanakan Giat Zoom Meeting Terkait Penanganan Covid-19
Jumat, 04 Sep 2020  16:37   |   Dibaca: 361

Pasuruan, SMN - Bertempat di Kampung tangguh Semeru kebal Covid-19, Kamis (03/9/2020) pukul 10.15 Wib s.d 12.20 Wib, Dibalai Desa Karangsono, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Melaksanakan kegiatan Zoom Meeting dengan Wakapolri Komjen Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. terkait Penanganan Covid-19 dan Penerapan Inpres No. 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri. Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan, S.I.K, S.H, M.H, Wakapolres Pasuruan Kompol Muhammad Harris, S.H, S.I.K M.IK, Dandim 0819 Pasuruan diwakili oleh Pabung Mayor Inf. Suhalid, Bupati Pasuruan diwakili oleh Kasatpol PP Bhakti Jati Permana S.Sos, M.Si, PJU Polres Pasuruan, Kapolsek jajaran Polres Pasuruan, Forkopimka Kecamatan Sukorejo, Kepala Puskesmas Sukorejo dr. Ella Sandra, Babinkamtibmas Kecamatan Sukorejo, Babinsa Kecamatan Sukorejo, 1SSR Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Kades Karangsono Kecamatan Sukorejo H. Muhammad Alim, 1 SSR Relawan Satgas Covid-19 Desa Karangsono Kecamatan Sukorejo.

Dalam Giat ini Kapolda Jatim Dr. M. Fadil Imran, S.I.K, M.Si, melaporkan kepada Bapak Wakapolri sampai saat ini situasi Jawa Timur dalam keadaan kondusif dan memang pertumbuhan ekonomi ditengah pandemi mengalami trend penurunan.

Upaya penanganan Covid-19 yaitu Kampung Tangguh Semeru dan kebijakan Jatim Bermasker untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dilaksanakan kegiatan sinergi dengan Instansi dan Masyarakat.

Kita selama penanganan Covid-19 melaksanakan Inovasi dengan melibatkan Pemerintah daerah dan Muspida. Jelang pelaksanaan Pilkada tentu ada kerawanan tersendiri dan perlu pemetaan dari Intelijen.

Pemutaran Video Kampung Tangguh Semeru Jatim.

Arahan Wakapolri Komjen. Pol. Dr. Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si, Apresiasi dan Penghargaan kepada Kapolda Jatim dan jajaran, pemerintah sudah meminimalisir penyebaran Covid-19 dengan 2.600 Kampung Tangguh Semeru.

Program pemulihan ekonomi nasional dengan Indonesia sehat Indonesia bekerja, penyerapan ekonomi secara maksimal salah satu program untuk perbaikan ekonomi. Pemerintah membentuk 2 Satgas yaitu Satgas penanganan Covid-19 dan Satgas pemulihan ekonomi.

Dari paparan Kapolda, "Kita sudah melihat semua program tersebut pada Kampung Tangguh Semeru. Sebelum kita dapat vaksin ini maka kita jaga, dengan kita galakkan Ayo Pakai Masker sesuai yang disampaikan Presiden. Ayo semua, kita bersama TNI, Polri, Pemerintah, Tokoh agama dan Tokoh masyarakat untuk menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan masker.”

Hasil survey kesadaran masyarakat masih kurang terkait penggunaan masker makanya kita perlu melaksanakan Kampanye dan Penegakan disiplin, Program 3 M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) dan kalau bisa menghindari kerumunan.

Yang terpenting dalam penanganan Covid-19 bagaimana kita menurunkan angka penularan, mengurangi yang meninggal dunia.

Kampung Tangguh Semeru sudah bagus, dan sekarang bagaimana penanganan Covid-19 dilingkup komunitas (Pasar, Perusahaan, Mall, dll).

“Buat Tim Penegakan disiplin berbasis komunitas dan ini harus kita lakukan secara masif, buatkan sanksi. Daerah yang sudah zona hijau agar dipertahankan. Pemakaian masker jadikan budaya dan teman hidup. Covid-19 ini nyata, bukan konspirasi karena sudah banyak yang menjadi korban. Terima kasih kepada Ibu Gubernur, Bupati, Walikota , Dandim, elemen masyarakat sudah berperan aktif mengantisipasi penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Kapolres Pasuruan menekankan, "Kita harus menyiapkan kebiasaan baru, Bapak Kasatpol PP sampaikan kepada Bupati terkait kesiapan new normal ini apa saja yang belum siap. Kegiatan penegakan hukum akan kita laksanakan dengan hasil yang maksimal. Apa program yang kita jalankan harus dievaluasi hasilnya. Perlu juga kita mengantisipasi terjadinya kebakaran.”

Apa yang telah disampaikan Wakapolri dan Kapolda akan pentingnya Kampung Tangguh dan program ini jangan hanya sekedar pasang banner. Konsep Kampung tangguh jalan dengan patnership kolaboration.

Kesembuhan pasien Covid-19 di Bali sudah 90 % dan itu meminum legen dan dicampuri daun daun, dan ditempat kita ada Probiotik yang sudah teruji.

“Poin yang ingin saya sampaikan yaitu gunakan masker dan antisipasi kebakaran. Dari Pengalaman, kebakaran disebabkan oleh masyarakat yang membuka lahan atau sedang berburu. Ayo sama sama kita disiplin," tutupnya. [Haidir]

Berita Terkait
Populer
Tabloid Media Aliansi Indonesia
Nasional
Agraria
Hukum
Hankam
Ekonomi
Daerah
Profil & Opini
Wisata & Gaya Hidup
Lampung
Sukabumi