Izin Amdalnya Menggantung di Dinas LKH Papua, Muh Yakub Abbas Minta Kejelasan

Izin Amdalnya Menggantung di Dinas LKH Papua, Muh Yakub Abbas Minta Kejelasan
Rabu, 14 Okt 2020  18:32   |   Dibaca: 1,012

Salah satu hal yang mendapat perhatian serius dari Pemerintah Ri di bawah Kepemimpinan Presiden Jokowi adalah masalah perizinan.

Banyak terobosan-terobosan baru dalam perizinan yang biasanya lama dan berbelit-belit disederhanakan dan dipermudah.

Kemudahan perizinan dalam dunia usaha itu sangat krusial, karena dunia usaha merupakan urat nadi perekonomian negara serta mampu membuka lapangan kerja baru.

Akan tetapi kebijakan dari pemerintah pusat dalam prakteknya tidak seperti yang diharapkan dalam pelaksanaannya di daerah.

Hal itu juga yang dialami oleh Muh Yakub Abbas, seorang pengusaha yang akan membuka usaha perkebunan kelapa sawit melalui PT. Indo Asina Lestari di Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua.

“Di tingkat Kabupaten perizinannya relatif mudah dan cepat, namun masih terhambat di tingkat provinsi, khususnya di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH) terkait izin AMDAL,” ujar Yakub Abbas saat wawancara dengan Media AI usai silaturahmi dengan Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia, H. Djoni Lubis, di Jakarta.

Abbas mengatakan, Dinas LKH Provinsi Papua sebenarnya sudah menyetujui AMDAL-nya namun proses selanjutnya menggantung sudah selama setengah tahun ini.

“Jika memang ada kekurangan baik secara teknis maupun administratif, ya kami mohon untuk diberitahukan kekurangan itu, sehingga kami bisa memperbaiki atau melengkapi. Tapi tolong jangan digantung begini,” imbuhnya.

Yakub Abbas yang juga anggota Lembaga Aliansi Indonesia itu menambahkan, sebagai warga negara yang baik dia sudah dan akan selalu berusaha memenuhi semua persyaratan sebagaimana diamanatkan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

“Kalau kami dari pengusaha sudah melakukan yang terbaik, mengikuti peraturan, dari pihak pemerintah tolong juga dong untuk melakukan hal yang sama,” pungkasnya.

TAGS:
Berita Terkait
Populer
Tabloid Media Aliansi Indonesia
Nasional
Agraria
Hukum
Hankam
Ekonomi
Daerah
Profil & Opini
Wisata & Gaya Hidup
Lampung
Sukabumi