H. Djoni Lubis: Jadikan HUT Kemerdekaan RI sebagai Momen untuk Meneguhkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa

H. Djoni Lubis: Jadikan HUT Kemerdekaan RI sebagai Momen untuk Meneguhkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa
Senin, 17 Ags 2020  15:13   |   Dibaca: 1,436

Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, 17 Agustus 2020 ini Ketua Umum Lembaga Aliansi Indonesia (LAI) kembali pentingnya mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi maupun golongan.

Kemerdekaan RI, menurut H. Djoni Lubis diraih tidak dengan mudah, melainkan melalui perjuangan panjang yang penuh airmata, keringat dan darah.

Masa-masa menuju kemerdekaan jauh lebih sulit lagi, yaitu untuk mempersatukan bangsa Indonesia yang majemuk (plural), yang terdiri dari berbagai macam ras, suku, bahasa, agama dan golongan.

Untuk itulah H. Djoni Lubis mengajak untuk kembali meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sejak reformasi, bangsa ini dipenuhi euforia, terutama euforia tentang kebebasan. Euforia itu yang kemudian memunculkan begitu banyaknya partai, LSM, ormas sampai dengan organisasi-organisasi,” imbuh Ketua Umum LAI.

Memang kebebasan berkumpul dan berserikat itu dijamin dan dilindungi oleh konstitusi, namun menurut H. Djoni Lubis, kebebasan itu tetap harus dalam kerangka kepentingan bangsa dan negara.

“Sehingga kebebasan seharusnya menjadi sarana kreatifitas untuk berlomba-lomba memberikan kontribusi positif kepada bangsa dan negara. Jangan sampai kebebasan hanya untuk kepentingan pribadi dan golongan yang kemudian justru memecah belah persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu H. Djoni Lubis juga meminta maaf kepada pengurus LAI di seluruh tanah air, karena tidak bisa mengikutsertakan pengurus dalam upacara bendera di Istana Negara, mengingat masa pandemi covid-19, di mana kebijakan dari pemerintah diberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat dan peserta upacara secara fisik sangat terbatas.

Berita Terkait
Populer
5
Tabloid Media Aliansi Indonesia
Nasional
Agraria
Hukum
Hankam
Ekonomi
Daerah
Profil & Opini
Wisata & Gaya Hidup
Lampung
Sukabumi